Welcome!!! !!

Sebagian berpikir kegiatan masak memasak adalah hal yang menjemukan, ribet dan riweuh.. No no.. Saya pun dulu juga berpikiran seperti itu, tapi sekarang ngga lagi.. Tahukah anda, bahwa cooking has so much fun :) So, try it once sincerely and you'll love it :)

Kering Bihun



Di rumah, saya berusaha menyediakan lauk kering2an (seperti sambal teri, kering tempe, kering bihun) buat kondisi emegency misalnya, lagi males masak *jujur* atau pas kehabisan lauk hari iru atau pas kita pergi pagi2 dan ngga sempet masak macem2.. Lauk kering yg biasa saya buat adalah sambel teri pedes yg rasanya mirip mercon *hehehe* karena saking pedesnya, sekepal nasi bisa cuma diisi satu biji teri.. kata MA dan Andi sih enak, cuma sakit perutnya ya ditanggung sendiri2 yaa.. Kali ini saya mo share kering bihun aja, siapa tau bermanfaat buat yg membutuhkan lauk emergency seperti ini :)

ohya, bahan dikira2 sendiri banyaknya yaa :)

Bahan:
bihun
minyak goreng

Bumbu halus:
bawang merah
bawang putih
cabe merah
cabe rawit
garam
gula merah
gula putih
air asam jawa

*komposisi gula agak banyak karena biar bumbunya kental dan berserat *duh apa sih nyebutnya* hihihi... Selain itu penggunaan gula bisa membuat kering tetep awet renyah..

Cara membuat:
1. Uraikan bihun supaya tidak menggumpal (biasanya bihun ngegumpal kan di kemasan?)
2. Panaskan minyak goreng (pastikan panas, bukan suam2 yah)
3. Masukkan bihun yg udah diurai tadi dan goreng dalam minyak tersebut. Hati2 karena bihun akan mendadak jd kribo, jadi jangan banyak2 masukkin bihun mentahnya..
4. Setelah bihun kering, angkat dan tiriskan dalam kitchen towel
5. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus plus air asam jawa sampai bumbu mengental
6. Masukkan bihun yg sudah digoreng, aduk rata..
7. Setelah dingin, simpan dalam toples yg tertutup rapat supaya tetap renyah.

0 comments: