Welcome!!! !!

Sebagian berpikir kegiatan masak memasak adalah hal yang menjemukan, ribet dan riweuh.. No no.. Saya pun dulu juga berpikiran seperti itu, tapi sekarang ngga lagi.. Tahukah anda, bahwa cooking has so much fun :) So, try it once sincerely and you'll love it :)

Pastel Tutup (Shepherds Pie)



Pure kentang :
500 gr kentang
1 sdm susu bubuk
/2 sdt garam
1/4sdt merica bubuk
1/2 sdt merica hitam kasar
2 sdm margarin

Isi :
25 gr soun, rendam air panas, potong2 4 cm
6 sdm mixed vegetables (wortel, jagung, kacang polong)
2 lbr daun bawang, iris halus
4 butir telur rebus, iris bulat jadi 8 bagian
150 gr fillet dada ayam rebus, suwir-suwir, potong2
2 sdm margarin, untuk menumis
1 butir bawang bombay, cincang
250 cc kaldu ayam
250 cc susu cair
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir

untuk mengentalkan (kalau gak mau pastel berkuah)
4-6 sdm tepung terigu

Olesan pastel tutup :
1 kuning telur, kocok sampai rata
1 sdm margarin
keju cheddar parut


Directions:
Cara Membuat :
1. Olesi pinggan tahan panas ukuran 20X20X5 cm dengan margarin.

2. Pure kentang : Kukus kentang hingga masak, kupas. Panas-panas
lumatkan. Bubuhi garam, merica dan pala, masukkan margarin, aduk rata dan sisihkan

3. Isian: Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan pala bubuk hingga harum, masukkan daging ayam. Aduk hingga berubah warna, kemudian masukkan kaldu. Masukkan soun, daun bawang dan mixed vegetables. Tuang susu, bubuhkan garam, merica dan gula. Biarkan mendidih dan tunggu hingga mixed vegetables matang

4. Ayak tepung terigu ke dalam adonan isi dan aduk cepat hingga mengental. Jangan terlalu banyak karena nanti saat dingin, isian akan mengeras.

5. Siapkan loyang, masukkan isian 1/2 loyang, susun potongan telor rebus diatasnya dan tutup dengan pure kentang, ratakan.

6. Olesi permukaan kentang dengan kuning telur, taburi dengan keju cheddar parut. Panggang selama 30 menit, atau hingga kekuningan.

Catatan:
1. Ada yg suka memberi pure kentang pada lapisan bawahnya terlebih dahulu baru diberi isian dan ditutup lagi dengan pure kentang. Kalo saya lebih suka langsung isian di bagian bawahnya
2. Pemberian keju parut merupakan modifikasi saya, resep aslinya hanya diberi olesan kuning telur dan dibuat guratan dengan garpu.

0 comments: