Welcome!!! !!

Sebagian berpikir kegiatan masak memasak adalah hal yang menjemukan, ribet dan riweuh.. No no.. Saya pun dulu juga berpikiran seperti itu, tapi sekarang ngga lagi.. Tahukah anda, bahwa cooking has so much fun :) So, try it once sincerely and you'll love it :)

Steamed Chickem Meatloaf


Chicken meatloaf yang saya bikin ini emang sengaja ngga saya panggang, tapi saya kukus. Kenapa? Soalnya kalo dipanggang, saya mesti ngoles2in loyang pake butter atau margarine supaya ngga lengket. Jadi agak berminyak deh :( sementara saya ngga boleh banyak2 makan makanan yg oily :(.. Jadilah steamed chicken meatloaf ini. Kalau temen2 mau meatloafnya dipanggang, juga ngga masalah :) Ini resepnya yaa :)

Bahan:
600g ayam giling
3 sdm breadcrumbs
2 butir telor, kocok lepas
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 buah bawang bombay, cincang halus
1 sdm saos tomat
1/4 cup kaldu ayam (hasil rebusan tulang ayam)
garam
gula

Cara Membuat:
1. Siapkan mangkok agak besar, masukkan bahan2 kecuali telor dan kaldu ayam.. aduk rata
2. Setelah adonan ayam rata, masukkan telor dan kaldu ayam, aduk lagi hingga tercampur rata
3. Siapkan loyang (saya suka pake container plastik yg bisa untuk microwave), masukkan ke dalamnya dan padatkan.
4. Kukus 30 menit atau sampai matang, dinginkan.
5. Potong-potong.
6. Panaskan non-stick pan, masukan satu potong irisan meatloaf dan balik2 sampai permukaan agak kering.

Blackpepper Sauce:
1 buah bawang bombay, iris kasar
2 siung bawang putih, cincang
1/2 cup saos tiram
1/4 cup saos tomat
1 sdt dark soya sauce
1 sdm merica hitam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 cup kaldu ayam
1/4 sdt thyme
gula
garam
3 sdm larutan tepung kanji (sebagai pengental)
margarine untuk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan margarine secukupnya
2. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
3. Masukkan saos tiram, saos tomat, dark soya sauce, merica hitam bubuk, merica hitam,thyme, aduk rata.
4. Masukkan kaldu ayam, gula dan garam, aduk.. Biarkan mendidih.
5. Masukkan larutan kanji hingga saus mengental

Cara penyajian:
Hidangkan chicken meatloaf dengan wortel, kentang dan buncis rebus, siram dengan Blackpepper Sauce

0 comments: